47 Orang Balon Kades Terdaftar, Ramaikan Pilkades di 9 Desa Kecamatan Ciseeng

CISEENG – bogorOnline.com

Riuh perhelatan pesta demokrasi melalui ajang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang ketiga di Kabupaten Bogor semakin terasa. Seperti yang terpantau di wilayah Kecamatan Ciseeng, ada 47 nama yang ikut mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) di wilayah tersebut.

Keterangan yang didapat media ini, ke 47 orang yang mendaftarkan diri tersebut berasal dari 9 desa yang akan mengadakan Pilkades serentak pada 3 November 2019 mendatang. Pelaksana tugas (Plt) Camat Ciseeng E. Rismawan mengatakan, jumlah pendaftar balon kades di 9 desa se-Kecamatan Ciseeng tersebut, masih dalam tahap seleksi kelengkapan administrasi di Panitia Pilkades tingkat Desa.

“Panitia masih melakukan tahapan validasi dan verifikasi data. Sebelum ada penetapan calon kades. Karena ada beberapa desa yang pendaftar nya lebih dari 5 orang,” Jelas E. Rismawan kepada wartawan.

Seperti diketahui, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) nomor 37 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, dalam Pasal 58 point 1 disebutkan, dalam hal jumlah bakal calon kepala desa berdasarkan hasil penelitian persyaratan administrasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 55 ayat (2) mencapai jumlah lebih dari 5 (lima) orang pendaftar yang memenuhi persyaratan, maka Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Desa melaksanakan seleksi tambahan.

Salah satu desa yang memiliki banyak bakal calon kepala desa adalah Desa Ciseeng. Ketua Panitia Pilkades Ciseeng Mulyadi A. Joron mengatakan, kemungkinan adanya seleksi tambahan akan dilaksanakan di Pilkades Ciseeng sesuai Perbup Bogor nomor 37 Tahun 2019 tersebut.

Dia menjelaskan, seleksi tambahan itu akan menggunakan kriteria seperti pengalaman bertugas di organisasi Pemerintahan, Lembaga Kemasyarakatan, tingkat pendidikan dan usia.

“Seleksi kemampuan pengetahuan umum itu terkait dengan materi Pancasila dan UUD 1945, Bahasa Indonesia, pemerintahan dan pembangunan desa,” Pungkasnya. (Mul)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *