5 Barang yang Perlu Dibawa untuk Perjalanan Dinas Pakai Travel

Persiapkan barang-barang penting dan praktis saat melakukan perjalanan dinas yang mendadak dan menuntut kamu untuk melakukan perjalanan memakai bus travel.

 

Perjalanan dari Bandung ke Jakarta atau Jakarta ke Bandung memang sudah menjadi salah satu rute populer yang ditempuh dalam waktu sehari saja. Ya, perjalanan bolak-balik dari kedua kota yang sibuk ini memang memungkinkan untuk ditempuh mendadak. Tinggal beli tiket bus jackal holidays, kamu bisa langsung memilih jadwal perjalanan yang dibutuhkan, terutama untuk keperluan dinas. Fasilitasnya juga sangat nyaman sehingga mengakomodasi kebutuhan pada digital nomad untuk tetap beraktivitas dengan nyaman di perjalanan. Agar lebih nyaman dan aman, selalu siapkan perlengkapan berikut ini ya.
1. Toiletries
Kebersihan di bus travel Jackal Holidays sudah tidak perlu diragukan berkat konsep Premium Shuttle-nya. Ruang duduk yang kamu dapatkan cukup luas sehingga kamu tidak perlu segan karena duduk berdesakan. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan faktor kebersihan saat berhenti di rest area ‘kan? Karena itulah, sebaiknya tetap bawa tisu (baik tisu basah maupun tisu kering ukuran travel) dan hand sanitizer. Kedua barang kamu akan lebih mempermudah kamu untuk tetap menjaga kebersihan fasilitas yang kamu gunakan.
2. Lakban besar
Untuk apa bawa lakban besar? Eits, perjalanan dinas yang terburu-buru kadang bikin kamu harus packing terburu-buru sehingga tidak sempat ganti tas. Semua barang bawaan yang dimasukkan ke dalam tas kemudian malah bikin tas kamu overload. Tidak jarang, ada bagian tas yang putus atau tepi kain yang bolong tersangkut. Kalau sedang melakukan perjalanan dinas, tidak mungkin mampir dulu untuk beli tas pengganti ‘kan? Ketimbang menyusahkan orang lain dengan minta tolong beli tas baru, mendingan pakai lakban untuk sementara, toh tas di rumah juga masih banyak yang bisa dipakai.
3. Sweater
Udara di Bandung yang lebih dingin ketimbang Jakarta bikin fungsi sweater jadi perlengkapan yang wajib dibawa saat pakai bus travel. Namun, tidak menutup kemungkinan harus bawa sweater juga untuk rute perjalanan sebaliknya. Jangan mentang-mentang terbiasa dengan cuaca dingin saat tinggal di Bandung, kamu jadi menyelepekan cuaca di Jakarta. Saat malam hari, bukan tidak mungkin kamu harus tetap pakai sweater agar tidak masuk angin selama beraktivitas di luar ruangan.
4. Camilan
Iya, kamu pasti berhenti di rest area, tapi tidak ada yang tahu pasti waktunya. Perjalanan pakai bus travel ‘kan tidak bisa ditebak, sebaiknya kamu mempersiapkan camilan untuk mengganjal perut yang lapar di perjalanan. Sebaiknya bawa camilan roti atau biskuit manis karena keduanya juga tidak akan meninggalkan bekas kotor saat kamu makan di dalam bus travel. Jadi, tidak akan mengganggu kebersihan fasilitas bus, deh.
5. Hiburan nonelektronik
Salah satu fasilitas di dalam Premium Shuttle biasanya menyertakan colokan USB. Kabar baik buat kamu yang memerlukan jaringan listrik dan tidak punya power bank. Namun, ada baiknya daya baterai smartphone atau gadget kamu dihemat selama perjalanan berlangsung. Perjalanan antarkota yang jaraknya relatif dekat ini memang tidak lama, tetapi bisa saja membosankan. Jadi, sebaiknya kamu tetap menyiapkan hiburan nonelektronik seperti novel atau komik untuk dibaca selama perjalanan berlangsung.
Meskipun kamu seringkali mengeluh duluan saat mendapatkan kabar perjalanan dadakan Jakarta-Bandung atau sebaliknya, tetap tenang dan persiapkan barang bawaanmu, ya. Pastikan semua perlengkapan penting sudah dibawa agar perjalananmu nyaman dan kamu tidak kesulitan.