STIE Dewantara Kunjungi Salah Satu Kampus Terbaik Dunia

bogorOnline.com – Peribahasa mengatakan, tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina, merupakan hal yang sering kita dengar ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Dengan peribahasa tersebutlah, tak ada batasan bagi kita untuk sampai mana dan sejauh apa untuk kita bisa belajar.

Untuk itu, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dewantara pada kesempatannya melakukan kunjungan belajar ke Universitas Malaya di Kuala Lumpur, Malaysia pada 9 Juni 2019 lalu. Universitas Malaya sendiri termasuk dalam 100 kampus terbaik di dunia.

Pembelajaran mengenai karakter antara mahasiswa Indonesia dengan Malaysia menjadi tujuan utama dari kunjungan STIE Dewantara ke Universitas Malaya. Di sana, mahasiswa STIE Dewantara melihat dan belajar secara langsung dari mahasiswa yang belajar di Universitas Malaysia soal pembentukan karakter dan juga kedisiplinan.

Dosen pendamping kunjungan belajar STIE Dewantara Muhlis, SPT., MM menjelaskan mengapa STIE Dewantara memilih Malaysia untuk dijadikan Negara kunjungan dalam Study Banding tahun ini. “Sebelum kita membandingkan negara yang lain, kita harus membandingkan negara yang serumpun dulu, ternyata dengan serumpun juga terjadi banyak perbedaan. Sudah gitu di Malaysia pun ada Universitas yang baik di mata dunia,” ucap Muhlis.

Kesan dan pesan pun banyak dirasakan oleh mahasiswa-mahasiswi STIE Dewantara. Selama tiga hari berada di Negeri Jiran, salah satu mahasiswi jurusan akuntansi semester empat Ratna Sari merasa senang bisa berkunjung ke Universitas Malaya selain untuk belajar, ia pun mengungkapkan rasa terima kasihnya untuk STIE Dewantara. “Terima kasih untuk STIE Dewantara yang sudah mengadakan study banding yang memberikan gambaran pendidikan di luar sana,” ujar Ratna Sari.

Selain berkunjung ke Universitas Malaya, mahasiswa-mahasiswi STIE Dewantara mengunjungi beberapa tempat untuk dikunjungi. Royal Selangor Malaysia dengan daya tarik gelas bir terbesar yang tercatat dalam guinness of record. Lalu, tak lupa juga mengunjungi menara ikonik negeri jiran yaitu menara kembar petronas.