Dosen Berprestasi IPB University Berikan Sosialisasi Perlindungan Konsumen di SD dan SMP Kabupaten Bogor

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor dalan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Perlindungan Konsumen di SMPN 03, Cibinong (19/8). Peserta yang hadir adalah guru, orang tua murid, pedagang kantin sekolah serta murid-murid sebanyak 300 orang.

Saat ini semakin banyak ragam produk jajanan sekolah yang beredar di masyarakat serta masih banyak ditemukan jenis makanan jajanan yang tidak layak untuk dikonsumsi, oleh karena itu perlu diwaspadai oleh konsumen khususnya anak-anak  sekolah sebagai penerus bangsa.

Seringkali terjadi pelaku usaha makanan dan minuman yang hanya mementingkan keuntungan belaka tanpa memperhatikan dampak yang diakibatkan oleh produk yang tidak layak tapi dikonsumsi oleh masyarakat khususnya anak-anak di sekolah. Contohnya penggunaan formalin dan boraks untuk mengawetkan bahan makanan mie, baso, tahu dan lain-lain serta penggunaan zat pewarna tekstil pada produk makanan dan minuman seperti kue dan sirup yang dijual oleh pedagang baik pedagang kecil maupun besar.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor Dr. Nuradi. Dalam sambutannya, Dr. Nuradi menyampaikan bahwa melalui kegiatan sosialisasi perlindungan konsumen ini diharapkan para konsumen di lingkungan sekolah khususnya guru, orang tua murid serta anak-anak sekolah dalam menentukan pilihan atas jenis produk makanan dan minuman agar jangan sampai terjebak oleh bentuk, warna maupun rasa.

“Pelaku usaha harus memastikan terlebih dahulu bahwa produk tersebut layak untuk dikonsumsi. Pelaku usaha juga harus jujur dan informatif, agar produk yang dijual layak untuk dikonsumsi.  Jika tidak, pelaku usaha dapat dijerat dengan undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen,” ujarnya.

Sementara itu, narasumber dari Departemen IKK IPB University, Dr. Megawati Simanjuntak dalam paparannya menekankan bagaimana memilih dan mengkonsumsi makanan jajanan yang sehat, aman dan bergizi. Dosen Berprestasi IPB University ini juga memberikan pemahaman atas hak dan kewajiban konsumen agar konsumen terhindar dari jebakan produk yang membahayakan. “Konsumen harus cerdas sebelum, saat dan setelah melakukan pembelian,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi perlindungan konsumen ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan mencakup sekolah-sekolah SD dan SMP di Kabupaten Bogor sebagai bagian dari kerja sama Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, FEMA IPB University dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor.