IPB University Jalin Kerja Sama dengan PT Pertani dan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor

Rektor IPB University Dr Arif Satria tanda tangani perjanjian nota kesepahaman dengan Direktur Utama PT. Pertani (Persero) Dr Febriyanto dan Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Drs. Hasanudin Tahir di IPB International Convention Center (IICC) Kampus Baranangsiang, Bogor (22/8). Kerja sama ini meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat khususnya bidang perberasan dan produk turuannya serta pengembangan bisnis dalam ketersediaan air bersih di Kabupaten Bogor.

“Tantangan besar yang dihadapi IPB University dan PT Pertani di era revolusi industri 4.0 adalah harus dapat menghasilkan produk dan alat-alat pertanian yang berbasis artificial intelligence. Misal aplikasi sensor dan robotik seperti traktor tanpa operator, pesawat drone untuk mendeteksi unsur hara di dalam tanah. Teknologi tersebut diharapkan dapat membuat produksi pertanian di Indonesia berjalan lebih efektif dan efisien sehingga produktivitas para petani meningkat secara optimal,” ujarnya.

Sementara itu kerja sama dengan PDAM Tirta Kahuripan terkait dengan kebutuhan akan air bersih, pengolahan air bersih dan keterbatasan air bersih. Bukan IPB University saja yang membutuhkan air bersih tetapi PDAM juga harus dapat mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat sekitar kampus, sehingga kebutuhan air bersih tidak lagi menjadi kendala bagi masyarakat lingkar kampus dan IPB University.

Dalam kesempatan ini Dr. Febriyanto mengatakan bahwa akan segera melakukan kegiatan konkrit terutama dalam rangka pengembangan varietas tanaman pangan dan perkebunan serta pertanian secara menyeluruh. PT Pertani ke depan akan fokus sebagai Center of Excellence (CoEIPB University) secara strategis mewujudkan fungsi pengadaan pembenihan, pupuk, dan perberasan.

“PT Pertani sendiri juga telah berkomitmen untuk memanfaatkan hasil-hasil penelitian dan inovasi dari IPB University. PT Pertani yakin IPB University dapat membantu pertanian Indonesia lebih maju dan berkembang dengan baik, karena didukung oleh dosen dan peneliti IPB University yang ahli dalam bidang pertanian sehingga dunia pertanian di Indonesia akan tumbuh dan berkembang dengan pesat,” imbuhnya.

Sementara itu dalam hal pelayanan air bersih yang dibutuhkan IPB University dan masyarakat lingkar kampus, Drs Hasanudin Tahir mengatakan bahwa PDAM memiliki tanggung jawab untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat. Untuk itu penyedian air bersih akan segera ditindaklanjuti dengan langsung terjun ke lapangan agar kebutuhan air bersih segera terpenuhi dengam baik.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *