Monitoring Wilayah Antisipasi Karhutla Wilkum Polsek Sukamakmur

Sukamakmur, bogoronline.com – Sebagai daerah yang sebagian besar adalah hutan, Kepolisian Sektor (Polsek) Sukamakmur Kabupaten Bogor terus melakukan kegiatan monitoring wilayah. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kegiatan monitoring tersebut dilakukan menyusul adanya kepulan asap yang berada di puncak Gunung Hanjawong. Polsek bersama unsur muspika lainnya, Camat Zaenal Ashari beserta anggota trantib serta Anggota Posmil Koramil Jonggol dan unsur Pemerintah Desa Sukamulya.

“Saya bersama Camat, Kades Sukamulya , ¬†Danposmil serta Anggota gabungan yang terdiri dari Polsek, Koramil dan Pol PP memantau Gunung Hanjawong. Kami bergerak menyisir sumber asap yang terletak di puncak gunung tersebut,” kata Kapolsek Sukamakmur Iptu Hendra Kurnia kepada bogoronline.com, Senin (19/8) di Sukamakmur.

Lanjut Hendra, kegiatan monitoring yang dipimpinnya itu, melakukan pendakian untuk pengecekan langsung adanya kepulan asap di puncak Gunung Hanjawong, guna mengantisipasi terjadinya Karhutla.

“Setelah dilakukan pengecekan ke puncak, kami menemukan ada api yang masih menyala. Namun api tersebut dapat dipadamkan oleh petugas gabungan dan warga masyarakat,” lanjutnya.

Menurut dia, Muspika Sukamakmur dan jajaran telah menyosialisasikan kepada masyarakat untuk mewaspadai terjadinya kebakaran di musim kemarau. Bahkan pihaknya telah memberi himbauan agar tidak membakar rumput di lahan atau kebun secara sembarangan.

“Kami telah memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak sembarangan membakar rumput. Karena hal itu sangat berpotensi mengakibatkan terjadi Karhutla,” pungkas Kapolsek. (Soeft)