PDI Perjuangan Putuskan Dadang Danubrata Jadi Wakil Ketua DPRD Kota Bogor

Kota Bogor – bogorOnline.com

DPP PDI Perjuangan akhirnya memutuskan Dadang Iskandar Danubrata untuk mengisi kursi Wakil Ketua II DPRD Kota Bogor. Posisi itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Nomor 504/IN/DPP/IX/2019, yang ditandatangani oleh Ketua Umum Megawati Soekarno Putri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto.

Sebelumnya, DPP memanggil dua nama untuk mengikuti fit and propered test calon wakil pimpinan dewan. Keduanya adalah Ketua DPC PDI Perjuangan, Dadang Iskandar Danubrata dan Sekretaris DPC, Atty Somaddikarya.

“Kemarin saya dipanggil DPP, dan ditugaskan menjadi wakil ketua dewan, ya mau tidak mau instruksi partai harus dijalankan. Dan kami sudah menggelar rapat pleno, saya komunikasi dengan sekretaris, semua sepakat dengan keputusan DPP,” ujar Dadang, Selasa 10 September 2019.

Dalam pleno tersebut juga, lanjut Dadang, sudah merumuskan untuk komposisi Fraksi PDI Perjuangan. Ketua Fraksi dijabat oleh Laniasari dan Wakil Ketua Ujang Sugandhi. Berikutnya, Sekretaris dijabat oleh Iwan Iswanto dan Bendahara Ence Setiawan. Sedangkan Dadang serta Atty berstatus sebagai anggota.

Saat disinggung mengapa Atty Somaddikarya tidak menjabat sebagai ketua fraksi. Dadang mengatakan bahwa yang bersangkutan tidak bersedia memegang jabatan tersebut pada tahun pertama. “Bu Atty nggak mau di tahun pertama. Tapi di tahun selanjutnya,” tutur Dadang.

Sisi lain, Dadang mengungkapkan bahwa masih banyak PR (pekerjaan rumah) DPRD yang belum tuntas. Di antaranya membuat situasi Kota Bogor lebih kondusif. “Kami akan menjadi mitra strategis dan kritis bagi Pemkot Bogor, demi untuk membahas program kesejahteraan rakyat. Dan sejauh ini tidak ada hambatan dalam komunikasi personal dengan eksekutif,” jelasnya.

Terpisah, Sekretaris DPRD Kota Bogor, Boris Derurasman mengatakan bahwa dengan diserahkannya SK wakil ketua DPRD dari PDI Perjuangan, kini unsur pimpinan dewan sudah komplit. Terkait ini, proses selanjutkan rapat paripurna intenal.

“Setelah dibuat risalah dan SK pimpinan dewan disampaikan ke walikota yang selanjutnya menyampaikan surat ke gubernur untuk pengesahan pimpinan DPRD masa jabatan 2019-2024. Setelah itu baru dilantik,” paparnya.

Namun begitu, Boris tidak bisa memastikan kapan pelaksanaan pelantikan pimpinan DPRD definitif. “Belum tahu. Kita berharap dan berusaha (pelantikan) dalam waktu dekat ini. Kan tergantung dari SK Gubernur,” katanya.

Sementara berdasarkan SK yang masuk ke Sekretariat DPRD, kursi Ketua DPRD yang ditempati Atang Trisnanto dari PKS. Kemudian untuk jabatan Wakil Ketua I diisi Jenal Mutaqin dari Partai Gerindra. Sedangkan untuk Wakil Ketua II dan III, masing-masing diisi oleh Dadang Iskandar Danubrata dari PDI Perjuangan dan Eka Wardhana dari Partai Golkar. (HRS)