PGH PARUNGPANJANG




Tambah RTH, GTP Tanam Pohon

Kota Bogor – bogorOnline.com
Menjelang hari jadinya ke-4, Komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) melakukan penanaman pohon di sekitar kantor Kecamatan Bogor Barat, Jalan Darul Quran, Kota Bogor pada Minggu pagi, 3 November 2019. Penanaman puluhan pohon kayu keras dilakukan guna menambah area Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Saya lihat memang ruang terbuka hijau-nya kurang, maka dalam kegiatan rutin tiap minggu yang memasuki ke 224 ini ditanam beberapa pohon di sini,” ujar Ketua GTP, Irawati.

Menurut Irawati, Undang Undang 26/2007 tentang Penataan Ruang disebutkan bahwa setiap wilayah kota harus menyediakan RTH sebesar 30 persen dari luas wilayah. Sementara Kota Bogor sendiri baru menyediakan RTH sebesar 11 persen.

“GTP akan terus berpartisipasi untuk bisa menghijaukan pada lahan-lahan yang kurang dari 30 persen di wilayah Kota Bogor. Kita tidak akan pernah berhenti sampai saat ini,” imbuhnya.

Irawati berharap GTP mendapat dukungan baik dari Pemerintah Kota Bogor dan juga masyarakat untuk sama-sama bergerak melakukan penghijauan dengan menanam pohon.

“Karena gerakan ini sangat bermanfaat khususnya bagi Kota Bogor,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RT03, Hidayat megatakan dirinya sangat menyambut baik kegiatan tersebut karena pohon-pohon yang ditanam akan bermanfaat tidak saja untuk saat ini tapi untuk masa depan.

“Iya, ini sangat baik, karena bukan untuk jangka satu tahun dua tahun istilahnya buat ke depannya, buat anak cucu kita,” ujar Hidayat.

Selain di area tersebut, pohon-pohon juga ditanam di bantaran sungai di area sekitar. Sebelum aksi dilakukan olahraga senam bersama warga setempat. Tampak hadir juga, Kabid Pertamanan pada Dinas Perumkim Muhamad Hutri beserta jajaran dan sejumlah anggota RAPI Kota Bogor. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *