by

Sampah Menumpuk, Pemerintah Kecamatan Cariu Tidak Patuh PHBS?

BOGORONLINE.com, CARIU – Masih maraknya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid 19), berbagai cara dilakukan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu. Diantaranya, Penyemprotan cairan Disinfektan, penerapan Sosial Distance (Tidak Berkerumun) dan Phisycal Distance (Menjaga Jarak).

Selain itu, penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjaga kebersihan diri, juga dianjurkan. Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menggunakan masker apabila bepergian serta menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan PHBS yang tidak dipatuhi di Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor, wilayah itu dikelilingi tumpukan sampah. Tumpukan sampah terlihat saat memasuki wilayah kota Cariu, sepanjang Saluran Irigasi Cikumpani serta Jalan Lingkar Kota menuju pertigaan Pahae.

“Sampah ini sangat mengganggu, selain kelihatan kumuh juga menimbulkan bau tak sedap. Saya sering melintas di jalan ini, kadang bersih tapi kadang juga sampahnya menumpuk,” tutur salah satu pengguna jalan yang akan ke Cianjur, Hendra, Kamis (4/6).

Lanjut dia, sebagai wilayah lintasan, mestinya Pemerintah Kecamatan Cariu selalu dalam keadaan bersih. Pemerintah setempat mesti proaktif melakukan langkah-langkah pencegahan, agar sampah tidak menumpuk seperti sekarang.

“Disaat pandemi covid 19, pemerintah setempat harus sering melakukan pembersihan agar lingkungan bersih dan tidak kumuh. Apalagi ada phbs yang menjadi standar dan harus selalu dikedepankan,” tandasnya.

Camat Cariu Bangbang Padmanegara belum bisa dihubungi terkait tumpukan sampah di wilayahnya. Namun, salah satu sumber di Cariu menyebutkan, pemerintah kecamatan sering melakukan kegiatan Jumat Bersih (Soeft)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed