by

Bermasalah Dengan Jerawat di Punggung?

BOGORONLINE.com – Penyebab munculnya jerawat di punggung umumnya tidak berbeda dengan penyebab munculnya jerawat di wajah atau di bagian tubuh lainnya. Jerawat di punggung bisa muncul karena berbagai alasan, misalnya perubahan hormon, stres, efek samping obat-obatan tertentu, sering berkeringat dan faktor genetik.

Salah satu gejala paling umum yang dirasakan dari munculnya jerawat ini adalah rasa gatal yang bisa mengganggu aktivitas harian. Yuk, cari tahu bagaimana cara mengatasinya!

Cara menghilangkan jerawat secara alami:

1. Rajin mandi

Mandi adalah cara terbaik untuk membersihkan semua kotoran yang menempel pada tubuh sehabis melakukan aktivitas, termasuk keringat. Seperti yang telah dijelaskan, keringat menumpuk adalah salah satu pemicu dari munculnya jerawat. Oleh karena itu, segeralah mandi dan jangan lupa untuk membersihkan bagian punggung, terutama setelah tubuh banyak berkeringat.

2. Gunakan pakaian yang menyerap keringat

Jika kamu memiliki jerawat di punggung, cobalah menggunakan pakaian dengan bahan yang mampu menyerap keringat, misalnya berbahan katun. Selain itu, kamu juga perlu mengganti pakaian ketika pakaian sudah basah karena keringat. Jika dikenakan terlalu lama, pakaian yang basah terkena keringat dapat menyebabkan jerawat di punggung mudah muncul.

3. Kompres dengan air hangat

Untuk meredakan jerawat di punggung, kamu bisa mengompresnya dengan air hangat. Mintalah bantuan orang lain untuk melakukan cara ini. Air hangat bisa meredakan peradangan dan kemerahan pada jerawat.

4. Gunakan krim dan salep obat

Tidak semua salep bisa digunakan untuk mengobati jerawat. American Academy of Dermatology menyarankan untuk penggunaan krim yang mengandung asam salisilat. Gunakan obat topikal tersebut dengan mengoleskannya dengan tipis pada permukaan kulit punggung yang terdapat jerawat.

Krim yang mengandung benzoil peroksida juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Kombinasi bersama asam salisilat bisa memaksimalkan kinerjanya, agar mendapatkan hasil terbaik. Namun demikian, jika sebelum menggunakan obat kamu berkonsultasi terlebih dahulu ya dengan dokter kulit. Ini untuk menghindari risiko iritasi yang justru bisa membuat jerawat di punggung semakin parah.

5. Jagalah kebersihan rambut

Rambut panjang yang tergerai hingga ke punggung ternyata bisa meningkatkan risiko terbentuknya jerawat pada punggung. Hal ini dikarenakan kotoran dan minyak pada rambut dapat menyumbat pori-pori kulit di punggung.
Oleh karena itu, jika kamu memiliki rambut yang panjang, kamu disarankan untuk lebih sering mengikat rambut saat beraktivitas dan keramas secara teratur.

Saat jerawat punggung muncul, hindari kebiasaan yang dapat memperparah jerawat, misalnya memencet jerawat, memakai baju yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat, serta memakai tas punggung karena membuat punggung mudah berkeringat dan lembap.

Nah, itulah 5 cara untuk mengatasi jerawat di bagian punggung yang bisa kamu lakukan di rumah. Tetap jaga kebersihan diri dan pakaian untuk meminimalkan jerawat ini, ya!

 

Reporter: Dea Rizky Ramadhan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed