by

Pentingnya Baking Soda Yang belum Kita Ketahui Bagi Yang Gemar Berkebun

BOGORONLINE.com, Seperti yang kita ketahui Baking Soda biasanya digunakan untuk membuat kue dan juga sebagai bahan pembersih kamar mandi maupun dapur. Tetapi, belum banyak yang mengetahui Baking Soda bisa juga digunakan sebagai bahan untuk kebun.

Berikut 10 kegunaan Baking Soda agar kebun tetap sehat dan bebas dari hama.

1. Untuk mengetes tingkat keasaman (Ph) tanah. Dengan mengambil satu sendok tanah dari kebun lalu basahi dengan air minum dan tabur segenggam Baking Soda ke bagian tanah yang basah. Apabila tanah mulai berbuih, artinya tingkat keasaman kebun lebih rendah dari 5.

2. Bagi yang suka membuat kompos dari sampah basah, untuk mengurangi baunya masukkanlah Baking Soda ke dalam wadah kompos tersebut.

3. Biasanya ulat sering menyelinap di tanaman sayuran seperti kol, brokoli, atau kale. Daripada menggunakan pestisida, lebih baik campurkan Baking Soda bersama tepung kue dengan komposisi yang sama dan taburkan di tanaman sayur untuk membasmi ulat.

4. Tabur Baking Soda untuk melenyapkan hama siput. Siput akan mati dan mengering.

5. Biasanya semut sering menginvasi kebun. Untuk membunuh semut-semut tersebut, campurlah gula halus dengan Baking Soda dan taburkan satu sendok di area yang ada semutnya. Dengan adanya gula halus semut akan tergoda untuk datang kembali.

6. Mengusir jamur dengan menaburkan Baking Soda. Dengan mencampurkan 4 sendok makan Baking Soda ke dalam 1 galon air yang digunakan untuk menyiram tanaman. Kandungan zat kimia lebih rendah dan murah daripada menggunakan pembasmi jamur yang lain.

7. Bagi yang memelihara kelinci biasanya kelinci sering dilepas bermain di kebun. Hal tersebut bisa membuat kelinci memakan sayuran di kebun. Ada baiknya menaburkan Baking Soda di sekitar kebun agar kelinci enggan mampir.

8. Biasanya orang menghiasi rumahnya dengan bunga segar. Campurkan Baking Soda ke dalam air lalu potong bunga dan celupkan agar tahan lebih lama.

9. Agar buah tanaman tomat jadi lebih manis caranya dengan menaburkan satu sendok teh Baking Soda di sekitar tanaman tomat, tapi jangan tepat ke tanamannya.

10. Jika sudah selesai berkebun, cucilah tangan dengan air dan Baking Soda dan lenyapkan kotoran dan bakteri yang menempel. Sederhana bukan? (Elya Rosa Gobel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed