by

Sehatnya Jus Seledri Yang Di Campur Dengan Sayur Dan Buah-buahan

BOGORONLINE.com, Bogor – Menurut sebagian orang, jus seledri memang masih terdengar cukup asing. Seledri merupakan salah satu bahan makanan yang biasanya digunakan sebagai campuran dalam sayur sop. Daun seledri tidak hanya di jadikan sebagai bahan pelengkap masakan namun bisa juga di jadikan sebagai jus yang sangat menyehatkan. Hampir seluruh bagian dari seledri dari mulai biji, batang hingga daun memiliki manfaat bagi kesehatan. Jus seledri bisa di campurkan dengan beberapa sayuran atau buah-buahan lainnya agar rasanya menjadi lebih enak.

Pasalnya dalam daun seledri terkandung banyak nutrisi seperti vitamin C dan K, mineral folat, potasium, serta zat antioksidan yang di butuhkan tubuh dan kandungan vitamin A yang di milikinya terbilang tinggi. Hampir seluruh bagian dari seledri dari mulai biji, batang hingga daun memiliki manfaat bagi kesehatan.  Lebih baik patuhi aturan minum jus seledri supaya khasiatnya benar-benar di dapat. Jus seledri sebaiknya di minum pada pagi hari sebanyak 400 ml.

Berikut ini manfaat daun seledri dan beberapa bagian lainnya bagi kesehatan anda :

1. Menyehatkan Ginjal
Berkat kandungan vitamin dan zat besinya yang tinggi, jus seledri dapat melindungi organ ginjal dan lever secara alami. Saking bagusnya manfaat jus seledri untuk ginjal, minuman ini di rekomendasikan untuk para pengidap penyakit ginjal kronis. Mengutip laman Hello Sehat, penderita ginjal kronis boleh mengonsumsi jus seledri dan apel dalam kondisi perut kosong di pagi hari dengan dosis yang dianjurkan selama 24 sampai 52 minggu untuk meredakan sakitnya.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan
Jus seledri yang di campur dengan nanas terbukti dapat mengeluarkan racun dan sisa makanan yang sulit dicerna tubuh. Salah satu manfaat jus seledri dan nanas yang mungkin akan di dapat dengan cepat yakni pencernaan jadi lebih lancar. Pasalnya, campuran buah dan daun aromatik ini memiliki kadar serat tinggi yang dapat di jadikan pencahar alami. Secara tidak langsung jus seledri dan nanas akan mempercepat proses penurunan berat badanmu.

3. Mencegah Penyakit Kanker
Seledri adalah salah satu jenis sayuran yang mampu memproteksi tubuh dari penyakit kanker. Beberapa sayuran lain yang juga memiliki proteksi antikanker yaitu adas, parsnip, dan peterseli. Kandungan polyacetylenes dalam seledri biasa digunakan sebagai campuran obat chemoprotective atau obat pencegah efek samping kemoterapi. Polyacetylenes diketahui mampu membasmi racun dan mencegah pembentukan sel kanker terutama kanker usus, kanker payudara dan leukimia.

4. Mencegah Masalah Penglihatan
Karena sama-sama mengandungan vitamin A, manfaat jus seledri dan wortel tak perlu diragukan lagi. Kedua sayuran ini dapat melindungi permukaan mata dari bakteri dan virus. Berkat kandungan vitamin A yang cukup tinggi, campuran jus ini mampu mencegah katarak dan masalah penglihatan lain yang erat kaitan dengan usia.

5. Mengatasi Asam Urat
Manfaat jus seledri dan kacang panjang terbukti efektif karena keduanya memiliki kandungan beta-selinene dan luteolin yang mampu menstabilkan asam urat dalam tubuh. Supaya khasiatnya benar-benar terasa, kamu dapat mengonsumsi jus seledri dan kacang panjang tiap dua atau tiga hari sekali. Selain di jadikan jus, seledri dan kacang panjang juga dapat dimakan mentah atau di campur ke menu masakan lainnya. Khasiatnya akan sama dengan manfaat jus seledri lokal.

6. Mencegah Menopause Dini Dan Meningkatkan Kesuburan
Antioksidan yang tinggi dalam seledri mampu menurunkan risiko dan mencegah menopause dini terjadi. Mengutip laman Sehat, jus seledri mampu meningkatkan kesuburan dan mencegah kerusakan sel mani laki-laki. Tapi jangan di konsumsi berlebihan karena bisa menyebabkan infertilitas dan mengganggu kesuburan. Amannya, minumlah jus seledri yang sudah di campur tomat 4 kali sehari dengan takaran 1 sendok makan. Untuk mendapatkan manfaat jus seledri dan tomat yang lebih optimal, konsumsi lah selama 27 hari. Sedangkan manfaat jus seledri untuk ibu hamil adalah untuk menurunkan tekanan darah hingga mencegah pendarahan pasca persalinan.

Reporter : Sausan de Ananda

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed