by

Jalur Puncak II Dirancang Ulang

BOGOR – Pemerintah Pusat mulai tertarik untuk membiayai Pembangunan Jalan Poros Tengah Timur (JTT). Hal tersebut disampaikan Bupati Bogor, Ade Yasin. Ia mengklaim, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuat Detail Engineering Design (DED) untuk melanjutkan pembangunan jalan sepanjang 48,5 kilometer yang menghubungkan Kabupaten Bogor dengan Cianjur.

“Informasi yang saya terima, DED oleh Kementerian PUPR tahun 2021. Lalu tahun 2022 mulai lelang lalu dilanjutkan pekerjaan konstruksi. Itu semua dibangun oleh Kementerian PUPR,” kata Ade Yasin, Kamis (3/12).

Ade tidak berani menganggarkan pembangunan jalan yang berfungsi untuk mengurangi kepadatan Jalan Raya Puncak tersebut. Pasalnya, anggaran yang dibutuhkan sangat besar, sementara masih banyak program harus dikerjakan.

“Hitung-hitungan kami, anggarannya bisa sampai Rp1,5 triliun. Itu hanya untuk pekerjaan konstruksinya. Kalau untuk lahan sebenarnya sudah siap. Tinggal pembangunan fisiknya saja,” kata Ade.

Usulan pembangunan ini kencang disuarakan oleh DPR RI. Pemerintah Kabupaten Bogor, lanjut dia, juga memanfaatkan semua jaringan untuk membantu pembangunannya. “Intinya kami fokus untuk mendorong PTT ini,” tegas Ade.

Sementara Kepala Bagian Program dan Pengendalian Pembangunan (Prodalbang) Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Ajat R Jatnika menjelaskan, ada kemungkinan DED pembangunan Jalur Puncak II yang lama tidak lagi dipakai karena memerlukan penyesuaian dengan struktur dan kondisi lokasi pembangunan saat ini.

“(DED) mau direview kembali. Disesuaikan dengan kondisi saat ini. Atau bisa jadi menggunakan DED yang baru,” kata Ajat.

Mengenai kemungkinan Jalur Puncak II berupa jalan tol, menurut Ajat hal itu tidak sesuai dengan kebijakan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jawa Barat dan Kabupaten Bogor.

“Kebijakan RTRW Jawa Barat dan Kabupaten Bogor, masih mengamanatkan Jalan Poros Tengah Timur itu, merupakan jalan strategis provinsi. Bukan jalan tol,” kata Ajat.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed