MS Siap Kembangan UMKM dan Pertanian Bersama Bumdes

Cijeruk – Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Petani dan Peternak Milenial Indonesia (DPN HPPMI) Mohamad Solikin (MS) siap mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Pertanian bersama Badan Usaha Milik Desa (Bundes) se Kabupaten Bogor. Hal ini diutarakan saat jadi Nara sumber pengelolaan Bundes di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Peserta Sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Se Kabupaten Bogor

Dalam kesempatan tersebut MS mengatakan banyak Bundes di Kabupaten Bogor yang kurang berkembang disebabkan minimnya pembinaan dan alokasi dana. “Banyaknya Bundes yang kurang berkembang karena alokasi dana yang kurang maksimal dan pembinaan terhadap pengelola.” Papar MS.

Menurut MS di Kabupaten Bogor sangat banyak potensi yang dapat dikembangkan baik dari segi pertanian, pariwisata dan hasil kerajinan masyarakat .

“Kami siap membantu, mengelola dan memasarkan produk. Selain itu juga diperlukan inspirasi dan pendampingan, agar pada saat mengunakan anggaran sesuai tupoksi.” Papar MS.

Bersama HPPMI saat ini MS , banyak membuka peluang seperti pemasaran hasil panen kebun petani di kabupaten Bogor. “Kami sendiri masih banyak permintaan seperti kacang edamame, cabai , kemangi , dan lainnya, komunikasi perdagangan dan pembinaan par petani secara intensif saat ini sudah berjalan di Kecamatan Megamendung dan Kecanatan Cisarua Puncak , Kabupaten Bogor. (*)

 

 

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *