UPT Penataan Bangunan I Wilayah Cibinong Layangkan Surat Teguran Ketiga ke Bangli di Areal Stadion Pakansari, Ini Kata Riza JR

Bogor, BogorOnline.com – Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penataan Bangunan I Wilayah Cibinong pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, kembali melayangkan surat teguran ketiga sebagai upaya menertibkan bangunan liar (Bangli) yang berada dikawasan Stadion Pakansari Cibinong.

Kepala Kantor (Kakan) UPT Penataan Bangunan I Wilayah Cibinong, Riza Juangsah Rahmat (JR) menuturkan, jika pada Senin 03 Juli 2023 ini, jajarannya kembali melayangkan surat teguran ketiga kepada pemilik bangli di perumahan Puri Alam Kencana, Kelurahan Nanggewer Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Surat teguran pertama, dan kedua sudah kami layangkan, lalu kami lanjutkan surat teguran ketiga, dan surat itu dikirim langsung kepada pemilik bangunan liar yakni ketua RW 07 Perumahan Puri Alam Kencana 1 yaitu Mubasir,” jelas Riza JR saat dihubungi, Senin (26/6/23).

Ia menerangkan, surat teguran yang dilayangkannya bernomor 503/1196/UPT.I/TG/VII/2023 sifat penting perihal surat teguran II yang ditujukan kepada saudara Mubasir selaku pemilik bangunan Toko di Kelurahan Nanggewer Mekar, Kecamatan Cibinong.

Ia memaparkan, teguran perdananya itu dilayangkan sesuai peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan UU nomor 28 tahun 2022 tentang bangunan gedung. Adapun, peraturan daerah (Perda) Kabupaten Bogor nomor 04 Tahun 2015 tentang ketertiban umum, dimana sehubungan dengan dasar tersebut diatas, dan hasil peninjauan lapangan yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 12 Juni 2023 pekan lalu oleh tim pengawas dari UPT Penataan Bangunan 1 terhadap bangunan toko yang berlokasi di Kelurahan Nanggewer Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Selain itu, sambung Riza, surat teguran kedua tersebut sebagai tindak lanjut dari surat teguran kedua bernomor 503/1187/UPT.I/TG/VI/2023 sifat penting perihal surat teguran II yang dilayangkan pada 26 Juni 2023 awal pekan lalu.

“Dapat kami sampaikan bahwa bangunan tersebut, telah terbangun dengan luas bangunan kurang lebih 502,5 meter persegi dan belum memiliki perizinan serta berdiri diatas sarana Fasilitas Umum (Fasum) Perumahan Puri Alam Kencana I yang diperuntukan sebagai sarana olahraga,” tegas Riza.

Riza menyebut, apabila pemilik bangunan tersebut tidak mengindahkan surat teguran ini dalam jangka waktu tujuh (7) hari sejak diterima surat teguran ini. Maka, sambung dia, pihaknya akan kembali melayangkan surat teguran ketiga (3).

“Atau Senin awal pekan depan, kami kembali kami mengirimkan surat, tetapi ditujukkannya berbeda kepada DPKPP Kabupaten Bogor, jika surat teguran ketiga kami yang pada hari ini telah dilayangkan tak juga direspone baik oleh pemilik bangunan liar tersebut,” jelas pria berpostur badan tegap dan berambut kelimis itu.

Lebih lanjut Riza JR memaparkan, pelimpahan surat yang akan dilayangkannya kepada induk instansi dari kantor UPT PB I wilayah Cibinong dengan meliputi 13 Kecamatan tersebut, ditujukkan kepada DPKPP Kabupaten Bogor pada bidang Penataan Bangunan atau di Sub Koordinator (Subkor) pengawasan pengendalian.

“Kebetulan untuk subkor pengawasan pengendalian dijabat oleh bapak Riza Sadak. Nantinya dikaji kembali, dengan mengundang petugas pengawas di UPT I Wilayah Cibinong ini,” terangnya.

“Kami tentunya saat diundang, akan melakukan ekspose. Maka dari surat teguran pertama, kedua dan ketiga yang kami layangkan ini bisa dilimpahkan ke Satpol PP Kabupaten Bogor. Dan pelimpahan ke satpol PP itu bisa dilakukan apabila si pemilik bangunan tidak mengurus perijinan,” tandasnya sembari menambahkan.

Sebelumnya, Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penataan Bangunan 1 Wilayah Cibinong pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, akhirnya melayangkan surat teguran pertama dalam upaya menertibkan bangunan liar (Bangli) yang berada dikawasan Stadion Pakansari Cibinong.

Kepala Kantor (Kakan) UPT Penataan Bangunan 1 Wilayah Cibinong, Riza Juangsah Rahmat menuturkan, jika pada Senin 19 2023 ini, jajarannya itu telah melayangkan surat teguran pertama kepada pemilik bangli di perumahan Puri Alam Kencana, Kelurahan Nanggewer Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *