Polresta Bogor Kota Luncurkan Aplikasi SiKasep, Urus Surat Kehilangan Kini Mudah

BOGORONLINE.com – Polresta Bogor Kota meluncurkan inovasi layanan laporan kehilangan non tindak pidana tertentu model C atau surat tanda penerimaan laporan kehilangan (STPLK) secara daring.

Inovasi tersebut berbasis aplikasi yang diberi nama SiKasep Polresta Bogor Kota. Ada 18 jenis layanan STPLK yang bisa dimohonkan tanpa harus datang ke kantor kepolisian.

Yakni, E-KTP, ijazah, surat nikah, kartu seluler, akte kelahiran, ATM, SIM, buku tabungan, BPJS, Kartu Keluarga, paspor, NPWP, kartu domisili, kartu pensiun, SK pegawai, buku raport, transkip nilai, dan SKHUN.

“Aplikasi SiKasep ini untuk laporan kehilangan non tindak pidana tertentu atau model C, seperti kehilangan E-KTP, ijazah, surat nikah, kartu seluler, akte kelahiran, ATM, SIM dan sebagainya. Ada 18 jenis,” kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, Selasa, 27 Mei 2024.

Ia mengatakan, untuk masyarakat yang ingin mengakses aplikasi SiKasep dapat mengunduh terlebih dahulu di play store.

Selanjutnya, pemohon mengawali dengan mengisi lokasi kejadian dan dilanjutkan mengisi data pribadi yang disediakan oleh aplikasi dengan lengkap.

Kemudian, petugas akan melakukan verifikasi dengan membubuhkan tanda tangan dan barcode nomor register secara otomatis.

“Bila sudah terverifikasi oleh petugas SPKT Polresta Bogor Kota dalam tempo waktu 15 menit akan ada ACC (disetujui) dan setelah itu masyarakat bisa mengunduh dan print di seluruh Kota Bogor,” terangnya.

Setelah itu, masih kata Bismo, pemohon bisa melanjutkan ke instansi atau perbankan terkait sesuai dengan kepengurusan STPLK.

“Misalkan SIM diajukan untuk SIM baru, NPWP yang hilang diajukan ke kantor pajak, kemudian kalau buku tabungan yang hilang bisa ke bank. Dan untuk mengecek keaslian surat tersebut ada scan barcode,” katanya.

Bismo mengatakan, peluncuran aplikasi SiKasep ini sebagai upaya pihaknya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal layanan STPLK.

“Dengan hadirnya aplikasi SiKasep ini kami ingin memudahkan masyarakat di era digitalisasi, tanpa datang ke kantor kepolisian cukup di rumah, menghemat waktu dan tanpa ada biaya atau gratis,” tandasnya.

Acara peluncuran aplikasi SiKasep yang berlangsung di Gedung Parana Satwika Polresta Bogor Kota ini turut dihadiri unsur Muspida Kota Bogor. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *