Benarkah Dari Larutan Micin Bisa Suburkan Tanaman?

(Sumber: OkeZone.com)

BOGORONLINE.com, – Bukan hanya dikenal sebagai penyedap rasa, ternyata manfaat micin bisa untuk tanaman juga lho! Micin memiliki kandungan garam dan gula yang mampu menguatkan rasa makanan. Monosodium Glutamate (MSG) sendiri merupakan, jenis garam natrium atau sodium yang berbentuk kristal dan terbuat dari asam glumate.

Micin sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman, selain itu micin juga bisa menyuburkan, mempercepat pertumbuhan, serta membuat tanaman menjadi semakin sehat. Tidak hanya untuk tanaman hias, micin juga bisa diberikan pada berbagai jenis tanaman sayur dan bunga, misalnya tanaman cabai, tomat dan terong.

Berikut rangkum dari berbagai sumber manfaat micin pada tanaman.

1. Membuat Warna Daun Lebih Hijau

Manfaat micin untuk tanaman lainnya adalah mampu membuat warna daun lebih hijau. Zat hijau daun atau klorofil terbuat dari asam glutamat.

Jadi, wajar saja jika pemberian larutan micin pada tanaman hias daun (seperti tanaman gelombang cinta misalnya) akan membuat warna daun lebih hijau, segar dan cantik.

Tetapi, perlu dipahami bahwa perubahan warna daun ini tidak disertai dengan penambahan jumlah daun, ya. Untuk menambah jumlah daun, dibutuhkan perawatan khusus lain dan pemberian pupuk.

2. Mempercepat Proses Pembungaan

Micin juga dapat membantu mempercepat proses pembungaan, terutama pada tanaman sayur dan tanaman hias.

Hal ini dipengaruhi oleh senyawa natrium yang terdapat di dalam micin. Jika bunga yang tumbuh pada suatu tanaman jumlahnya banyak, maka buahnya pun akan banyak.

Sebagai catatan, pemberian micin pada tanaman tidak disarankan pada tanaman yang sedang berbuah, ya.

3. Lebih Tahan Penyakit

Senyawa kalium dalam micin akan berfungsi untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit. Selain itu, kalium dapat mengatur stomata untuk proses meningkatkan fotosintetis dan metabolisme tanaman.

4. Mencegah Tanaman Menjadi Kering

Terkandung senyawa natrium yang memberikan manfaat micin untuk tanaman agar tidak menjadi kering. Kadar air pada tanaman dapat meningkat, karena penyerapan air yang maksimal dari larutan micin.

5. Menyuburkan Tanah

Manfaat micin untuk tanaman yang terakhir adalah dapat dijadikan sebagai pupuk penyubur tanah yang ramah lingkungan lho. Cairan limbah organik ini mengandung senyawa karbon, hidrogen, natrium, dan oksigen yang baik untuk meningkatkan kualitas tanah. Sehingga pertumbuhan tanaman akan terproses dengan baik dan tanaman pun semakin subur. Meskipun begitu, penggunaan pupuk lainnya juga tetap dibutuhkan, ya.

Cara Membuat Larutan Micin untuk Tanaman

Nah, setelah mengetahui manfaat micin untuk tanaman, maka kamu juga harus mengatahui cara membuat larutan micin untuk tanaman. Pelarutan micin ini cukup dilakukan sesuai dengan dosis penyiraman tanaman dengan larutan micin, yakni 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Berikut cara membuat larutan micin untuk tanaman.

  1. Siapkan 25 gram micin yang kemudian dilarutkan ke dalam setengah ember air atau sekitar 3 sampai 5 liter air.
  2. Kamu disarankan untuk menggunakan air sumur bersih dan masih mengandung zat-zat alami (bukan air hasil penyulingan).
  3. Kemudian, larutan micin pun siap disiramkan pada tanaman yang baru ditanam sekitar 2 minggu. Larutan micin sangat cocok dijadikan nutrisi tambahan dalam budidaya tanamanmu.

Jadi, selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat ya!

 

(Dea Rizky Ramadhan)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *