Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia yang Sukses Berbisnis Online

Sosok696 views

Mungkin nama Jeff Bezos tak setenar nama Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, khususnya di kalangan awam. Akan tetapi, bisa jadi nama Amazon sudah sering kita dengar walau mungkin belum pernah berbelanja di sana. Situs e-commerce berbasis di Amerika tersebut memang telah menjangkau seluruh dunia. Meski mungkin belum pernah berbelanja dari situs belanja online raksasa tersebut, mungkin kamu salah satu orang yang mengikuti program afiliasi yang disediakan oleh situs itu? Bisa jadi!

Sekarang, mari kita berkenalan lebih dekat dengan Jeff Bezos. Memiliki nama lengkap Jeffrey Preston Bezos, pria kelahiran 1964 tersebut mengukuhkan posisi nomor-5 sebagai orang terkaya di dunia. Ya, tepat di atas Mark Zuckerberg yang juga besar dari ranah online melalui situs jejaring sosial miliknya Facebook.

Riwayat Jeff Bezos

Jeff Bezos lahir di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat. Dia lulus dari Fakultas Computer Science and Electrical Engineering di Universitas Princeton. Ketertarikannya pada bidang teknik dan sains telah terlihat sejak kecil. Pada waktu SD, dia pernah membuat alarm sederhana seorang diri untuk dipasang di rumah. Kemudian, pada waktu belajar di sekolah menengah atas, Bezos mengikuti pelatihan sains yang digelar oleh Universitas Florida.

Lalu, akhirnya memasuki tingkat kuliah, Bezos pun berfokus pada jurusan yang memang dia sukai tersebut. Meski demikian, kenyataan membawa Jeff Bezos lebih jauh lagi!

Berdirinya Amazon.com dan Bisnis Offline

Tahukah kamu bahwa awalnya Amazon.com berdiri adalah untuk mengakomodir promosi buku di Amerika Serikat. Memang hingga hari ini, produk buku dan ilmu pengetahuan tetap menjadi salah satu produk terbanyak yang ada di Amazon. Akan tetapi, sekarang, Amazon.com telah menjual beragam produk mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga elektronik dan juga jasa cloud computing.

Jeff Bezos tercatat pernah bekerja di perusahaan keuangan dan finansial serta perusahaan jaringan perdagangan. Kemudian, pada tahun 1994, ide untuk memulai usaha sendiri mulai diimplementasikan oleh Bezos. Bezos mendaftarkan domain Amazon.com dan merilisnya pada tahun 1999. Pada saat itu Internet sudah mulai berkembang besar di zaman itu. Namun, memang, saat itu promosi masih lebih sering dilakukan via surat elektronik.

Sekarang, total kekayaan Bezos berjumlah US$ 46,7 miliar! Penghaslan dari Amazon.com sendiri lebih dari US$ 10 miliar di tahun 2009. Pada tahun 1999, Jeff Bezos masuk dalam jajaran ke-19 sebagai orang terkaya di dunia!

Namun, tahukah kamu, suami dari penulis novel, MacKenzie Bezos, yang telah menikah sejak tahun 1993 tersebut tak hanya menggeluti lini bisnis online ini. Beberapa usaha yang dimiliki oleh Bezos bahkan jauh apa yang kita bayangkan!

Blue Origin

Blur Origin adalah perusahaan layanan pesawat ruang angkasa yang didirikan pada tahun 2000. Turis dapat dibawa ke batas ruang angkasa dan kemudian kembali ke bumi. Keren!

Proyek jam peradaban

Bezos menyeponsori jam peradaban yang dibangun di Texas di ketinggian 2000 kaki. Jarum jam akan bergerak setiap setahun sekali.

Merambah bisnis media cetak

Tak tanggung-tanggung, Bezos membeli media cetak yang tengah berjuang untuk tetap bertahan – The Washington Post. Nominal US$ 250 juta digelontorkan oleh Bezos atas nama sendiri, bukan Amazon.

Proyek bisnis online lainnya

Tak hanya Amazon yang memang dimiliki oleh Bezos, Uber, Airbnb serta Twitter ternyata turut didanai oleh Jeff Bezos!

Wah, salut untuk Jeff Bezos! Mungkin ke depannya, Bezos dapat menaiki tangga lebih tinggi urutan orang terkaya di dunia.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *