Galian Liar di Rumpin Makin Merajalela

Rumpin – Aktivitas penggalian pasir di Kecamatan Rumpin, makin menggila, karena tak hanya bukit saja yang dibabat habis, tapi juga Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisadane pun ikut dirusak, lantaran diambil pasirnya.

Ironisnya lagi, kendati banyak dikeluhkan warga, sampai sekarang belum ada langkah tegas dari Pemerintah Kabupaten Bogor, untuk menindaknya.

“Galian pasir yang berada di pinggir Sungai Cisadane, sudah merusak kondisi sungai, apalagi diketahui perusahaan yang menambang itu diduga kuar tak mengantongi izin alias liar,” ungkap Rusli, warga Kampung Hulu Warang,Desa Rumpin, Senin (20/06).

Bahkan galian tersebut kata Rusli, kuat dugaan menyerobot lahan milik Perhutani.”Yang membuat kami aneh, aparat terkait ko diam saja, sebab sampai sekarang belum melakukan tindakan apapun,” katanya.

R. Sopansyah, aktivis lingkungan mengatakan, aktivitas penggalian pasir di DAS Cisadane banyak merugikan warga sekitar, karena mereka tak lagi bisa memanfaatkan air sungai untuk mandi dan lain-lainnya.

“Dulu sebelumnya ada galian, air Sungai Cipinang, yang merupakan anak Sungai Cisadane, banyak dimanfaatkan warga, tapi sekarang tidak, sebab airnya keruh, akibat limbah atau sisa penggalian pasir,” ujarnya.

Selain itu, kata Sopansyah, leuwi yang menjadi tempat penampungan air menjadi dangkal, lantaran banyak lumpur yang mengendap.”Kegiatan penambangan liar di DAS Cisadane itu harus dihentikan, sebab jika tidak kedepannya dikhawatirkan akan menimbulkan bencana,” tegasnya.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pemeriksaan, Satuan Polisi Pamong Praja Agus Ridallah ketika dikonfirmasikan membantah, pihaknya melakukan pembiaran terhadap penambang-penambang ilegal yang beroperasi di Kecamatan Rumpin.

“Menertibkan penambang liar atau ilegal itu, tak semudah membalikan telapak tangan, karena yang berkepentingan di areal tambang itu bukan hanya pengusaha semata, namun ada beberapa pihak yang terlibat, misalnya warga yang mengandalkan mata pencahariannya dari galian ilegal,” kilahnya. (Iwan/zah)

 

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.