by

Manfaatkan Sampah Plastik Kemasan, Ketua TP PKK Apresiasi RW 13 Kentagor

Kota Bogor – bogorOnline.com

Banyak barang-barang bekas yang tidak terpakai berakhir di tong sampah. Padahal, banyak sesuatu yang bisa tercipta dari situ, misalnya dari sampah botol plastik atau bekas kemasan sampah plastik lainnya, seperti plastik bekas minyak goreng dan plastik sabun cuci.

Plastik plastik tersebut merupakan sampah anorganik yang sulit terurai jika sudah menjadi sampah. Oleh karena itu pemanfaatan kembali atau recycle adalah hal yang sangat bijak untuk dilakukan. Dengan kreativitas, bisa dimanfaatkan kembali barang – barang bekas tersebut untuk pot pot pohon penghijauan di halaman rumah.

Ide kreatif pemanfaatkan sampah plastik tersebut, mucul dari ibu-ibu RW13 Kelurahan Kencana Tanah Sareal Bogor (Ketagor). Bekas plastik kemasan itu dimanfaatkan kembali untuk membuat pot tanaman penghijauan di halaman rumah.

Didampingi Camat Tanah Sareal Taufik, Lurah Kencana Syafei R dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Kelurahan serta Ketua RW 13 Karep Rahardjo.Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Yane Ardian mengatakan, apa yang telah dilakukan oleh warga Kecamatan Tanah Sareal ketagor RW 13 ini perlu kita apresiasi.

“ Warga disini sudah sangat kreatif, telah memanfaatkan plastik plastik bekas botol minuman, plastik bekas bungkus minyak goreng dan sabun untuk dijadikan pot tanaman penghijauan di halaman rumahnya,” kata Yane saat melakukan penilaian lomba pemanfatan limbah bekas untuk tanaman.

Yane menambahkan, kegiatan penilaian pemanfaatan barang barang bekas ini merupakan, masih dari rangkian kegiatan dalam memperingati HUT RI ke 71. Kami dari PKK akan terus mendorong warga agar dapat terus mengembangkan kreatifitasnya, daripada sampah plastik itu dibuang dan lama terurainya, akan lebih baik dimanfaatkan untuk pot–pot pohon dihalaman rumah. Tanamannya pun bisa bermacam – macam, bisa tanaman obat, sayur mayur ataupun tanaman yang bermanfaat lainnya.

“Jika kreatifitas warga sangat bagus perlu diapresiasi dan dihargai, dalam upaya memacu kreatifitas warga lainnya, saat ini RW13 Kentagor salah satu wilayah atau Kampung di Kota Bogor yang dicalonkan menjadi Kampung Iklim (Proklim) yakni program yang diluncurkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup,” pungkasnya.(bunai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed