Mabes Polri Habib Rizieq, Jadi Buronan Interpol

bogorOnline.com-

Mabes Polri bakal meminta bantuan polisi internasional (Interpol) untuk memburu Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab.

Hal itu dilakukan karena Rizieq kerap mangkir dari panggilan kepolisian dalam lanjutan kasus dugaan penghinaan dasar negara Pancasila yang kini ditangani Polda Jawa Barat.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto mengatakan, nama Rizieq akan diregister daftar buronan interpol (Red Notice) sesegera mungkin.

“Kalau dia (Rizieq) dipanggil tak kooperatif, terus berada di luar negeri. Karena Red notice adalah permohonan penyidik kepada interpol kepada di luar negeri untuk melakukan penangkapan dan upaya paksa untuk dibawa ke indonesia,” kata Setyo kepada Kriminalitas.com, Jumat (12/5/17).

Setyo mengatakan, kriteria tak kooperatif yakni jika sudah tiga dipanggil‎, orang itu tak datang. “Kalau ketiga kali ada perintah membawa,” kata Setyo yang pernah berdinas di Interpol ini.

‎Meski demikian, status Red Notice kepada Rizieq akan dilakukan setelah status yang bersangkutan naik menjadi tersangka.

“‎Kami menunggu penyidiknya, (mereka) masih bekerja, nanti kalau memang memerlukan itu ya akan diterbitkan‎,” tutup Setyo yang juga mantan Wakabaintelkam ini.

Sekadar informasi, polisi sebelumnya juga bekerjasama dengan pihak imigrasi untuk menjemput paksa Habib Rizieq. Penjemputan paksa ini dilakukan karena Rizieq sudah dua kali mangkir untuk diperiksa di Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat.

Dalam informasinya, Rizieq kini tengah berada di Arab Saudi guna menunaikan ibadah umroh.(rul)

Comments