BPBD Pemkab Bogor Simulasi, Korban Tenggelam

CIBINONG –

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyelamatkan korban tenggelam dikolam renang dikawasan puncak Cisarua. Penyelamatan korban tenggelam tersebut, dalam rangkaian simulasi yang digagas oleh BPBD Kabupaten Bogor dalam menggelar pelatihan SAR dan Simulai kepada anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) diantaranya water rescue dan medical first responder (MFR) untuk penyelamatan para korban yang terkena musibah.

Pelatihan yang digelar mulai tanggal 31 sampai 3 November 2017 ini, dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan serta ketangkasan teknis dalam menangani bencana, tim BPBD Kabupaten Bogor. “Latihan search and rescue dasar dan lanjutan itu, sangat lah penting yang diiikuti 250 peserta dari BPBD Kabupaten Bogor. Kegiatan ini sering kami lakukan, demi meningkatkan kinerja dalam meningkatkan pelayanan,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Sumardi kepada Wartawan Rabu (2/11/17).

Menurutnya, bahwa materi pelatihan yang diselenggarakan di kawasan puncak ini meliputi keselamatan di air, kedaruratan di air, personal floaing device, self rescue water survival, ombak dan arus, metode pertolongan di air, Defens Release, Towing Carry, serta akses pertolongan.
Tambah Sumardi, bahwa kegiatan ini diikuti personil TRC yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan TRC dalam menggunakan sarana prasarana penanggulangan bencana seperti perahu karet, mesin perahu karet, handy talky (HT) dan membantu korban yang terkena becana. Tugas itu, dalam melaksanakan pengkajian secara cepat dan tepat dilokasi bencana dalam waktu tertentu, dalam rangka mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, serta jumlah korban bencana.

“Pelatihan tanggap darurat sesuai dengan perkembangan kondisi bencana yang terjadi dengan menggunakan sistem penanganan darurat bencana dan pemanfaatan sumber daya manusia, peralatan dan perlengkapan yang ada, meningkatkan koordinasi, komunikasi, mobilisasi dalam penanganan darurat bencana, serta meningkatkan kemampuan pemahaman sistem komando penanganan darurat bencana,” ungkap Mardi.

Dalam kegiatan tersebut, tambah Sumardi, dilaksanakan diwilayah puncak cisarua ini melibatkan instruktur. Pelatihan ini akan rutin diselenggarakan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Bogor. “Pelatihan ini sekaligus untuk memanfaatkan potensi yang ada dan belum di gali. Selain itu kegiatan ini juga untuk mengecek kondisi peralatan yang dimiliki BPBD. Saya berharap semua anggota TRC yang baru dam sudah lama dapat lebih mengenal dasar-dasar penyelamatannya,” ungkapnya.(rul)

Comments