by

Anggota Komisi IV DPRD Jabar Siap Pantau Keseriusan Ridwan Kamil Dalam Program Energi Baru Terbarukan

Bandung, Bogoronline.com – Ridwan Kamil selaku Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) sekaligus Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyampaikan aspirasi terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Energi Baru Terbarukan (EBT).

Hal tersebut disampaikannya pada Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi VII DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (5/4/2021).

Salah satu yang menjadi perhatian adalah pernyataannya terkait pelibatan BUMD dalam pengembangan EBT dengan meminta izin pemerintah pusat supaya diberikan persetujuan mendirikan perusahaan energi listrik di daerah, yang meliputi operasi dan distribusi. Selain itu, ia mengusulkan insentif untuk daerah penghasil Energi Terbarukan.

“Dua hal itu menjadi usulan kita. Sebenarnya poin-poinnya lebih banyak kepada keadilan, kemudian poin Sumber Daya Manusia (SDM) agar daerah-daerah diberikan kesempatan,” ucapnya.

Menilik hal tersebut, Mochamad Ichsan Maoluddin selaku anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat mengapresiasi jika semangat Ridwan Kamil serius dalam program-program pewujudan EBT.

“Kalau kita otomatis sangat apresiasi sekali kalau memang betul, apalagi beliau sebagai Gubernur Jawa Barat, icon tersendirilah, tapi kenyataannya selama 2021 yang dianggarkan di 2020 tidak sebanding keinginan,” kata Ichsan, Selasa (06/04/2021).

Dirinya bersama Komisi IV menambahkan bahwa untuk melihat keseriusan itu seberapa besar pagu anggaran yang disediakan untuk program EBT.

“Kita akan coba lihat seberapa besar keberpihakannya kepada anggaran ya, karena kalau kita tupoksinya selain membuat legislasi, salah satunya monitoring anggaran selain untuk dapil dan juga secara ke-Jawa Baratan, kita ingin memastikan anggarannya sesuai yang dialokasikan,” tutup Ichsan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *