Tak Dilibatkan Dalam Event Festival Musik PBB, Belasan Ormas di Kabupaten Bogor Bakal Datangi Pihak EO

Cibinong, BogorOnline.com – Lintas Organisasi Masyarakat (Ormas) Kabupaten Bogor, menyesalkan tidak adanya sinergitas yang baik oleh pihak Event Organizer (EO) terkait kegiatan acara festival musik Pesta Bebas Berselancar (PBB), yang akan menyuguhkan band papan Atas Dewa 19 bertempat di area Ring 2 Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, pada 17 Juni 2023.

Ketua Lintas Ormas Kabupaten Bogor, Yunus menyebut berawal dari dirinya yang mendapat sambungan telfon berupa keluhan-keluhan dari belasan lintas ormas, yang menyuarakan aspirasinya kepada pihaknya mengenai perhelatan festival musik PBB, akan tetapi lintas ormas tak dilibatkan.

Atas dasar itu, atas suara dan aspirasi dari rekan-rekan sejawatnya tersebut, lantas dia menyarankan belasan organisasi masyarakat yang tergabung di lintas Ormas itu agar dapat menanyakannya secara langsung kepada pihak penyelenggara pada siang hari ini langsung ke lokasi titik acara.

“Berawal dari teman-teman yang banyak menanyakan kaitan kegiatan itu, kenapa ormas-ormas di kabupaten Bogor tidak dilibatkan oleh pihak EO di event Festival Musik PBB tersebut. Lalu saya sampaikan, agar teman-teman lintas ormas ini bisa merapat ke EO pada hari ini untuk menanyakannya secara langsung,” kata Yunus saat dihubungi, Jum’at (16/6/23).

Ia melanjutkan, wacana belasan lintas ormas yang ada di Kabupaten Bogor itu akan datang kelokasi acara pada Jum’at 16 Juni 2023 sekira pukul 14.00 WIB, yang tujuannya sebatas mempertanyakan mengapa ormas dan Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada di Bumi Tegar Beriman tidak dilibatkan.

Mantan ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor itu tak mempungkiri, kaitan pengamanan dan keamanan saat berlangsungnya acara pada Sabtu 17 Juni 2023 esok hari, hal itu merupakan ranah dari pihak TNI Polri yakni dari jajaran Polres Bogor dan Kodim 0621 maupun instansi terkait dilingkup pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Kaitan keamanan dan pengamanan teman-teman paham lah, bahwa itu ranahnya TNI-Polri. Tapi alangkah lebih baiknya, pihak EO ini dapat juga melibatkan ormas-ormas yang ada di daerah ini, itu saja si dan nggak ada niatan kita untuk menghalang-halangi acara tersebut. Malah kita semuanya mendukung penuh dengan adanya acara festival musik PBB yang menampilkan band ternama Dewa 19 dan beberapa band ibu ibu kota lainnya yang turut hadir di event tersebut,” ungkapnya.

“Intinya cuma ingin ada sinergitas antara EO dengan lintas ormas di Kabupaten Bogo. Itu saja,” tambahnya sembari menegaskan.

Terpisah, tim penasehat Lintas Ormas Kabupaten Bogor yang sekaligus Co Founder Social Business Center (SBC), M. Burhani menyarankan, terhadap penyelenggara acara Festival Musik Pesta Bebas Berselancar itu, bisa berkoordinasi terlebih dulu dengan lintas ormas di Kabupaten Bogor agar tidak adanya ketersinggungan antara satu dengan pihak lainnya.

“Sangat disayangkan, bila di Bumi Tegar Beriman ini yang banyak event-event besar seperti festival PBB, tapi teman-teman kepemudaan, lintas ormas dan lainnya tapi tak dilibatkan. Seharusnya sinergitas itu dibangun, karena juga tak akan merugikan pihak EO, malah justru acaranya bisa lebih gebyar dan meriah dan kondusif. Dari pada seperti sekarang ini, ada ketersinggungan dari lintas ormas dengan penyelenggara acara tersebut,” tegas Burhani.

Burhani juga mengimbau, untuk kedepannya diharapkan bagi setiap penyelenggara acara apapun itu, bila ada event-event seperti demikian, sepatutnya lintas ormas yang ada di Kabupaten Bogor secara khususnya dapat dilibatkan.

“Sehingga keamanan, kenyamanan dan kondusifitas diwilayah dapat terbangun yang harmonis. Jangan seperti sekarang ini, EO dari mana tiba-tiba buat acara dan bikin sampah di GOR Pakansari buat apa,” jelasnya.

“Dia buat acara cuma cari keuntungan, terus hilang begitu saja,” tutup Burhani sembari menegaskan.

Sementara itu, ketika hal ini dikonfirmasi pihak Event Organizer Festival Musik PBB, yakni Ery enggan merespone apapun hingga berita ini ditayangkan.

Sekedar diketahui, Pesta Bebas Berselancar (PBB) merupakan festival musik dengan tema “The Party Mus Go On” dengan menampilkan berbagai musisi dari berbagai genre, mulai dari Dewan 19 Feat Virzha JKT 48, Nadin Amizah, Morfem, Reality Club’, The Panturas, The Jansen, Dongker, Andra and The Backbone, The Changcuters, dan Tipe X, yang akan berlangsung di area ring 2 Stadion Pakansari pada Sabtu 17 Juni 2023.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

  1. Bilang aja gak dikasih jatah kordinasi sama panitia.. Dan Ormas juga bukan jasa keamanan, cuma sekumpulan nganu berseragam, Lagian kalo melibatkan kalian yang ada malah gak tertib
    Udah bener pengamanan dari pihak terkait (polri&TNI)