by

Pemkot Segera Revitalisasi Kali Cibalok

BOGORONLINE.com, Bogor Tengah – Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim melakukan kunjungan kerja ke Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, pada Kamis (7/1/2021). Rencananya, Pemerintah Kota Bogor akan segera memulai program revitalisasi kali Cibalok.

“Kami melihat sedihnya, sungal Cibalok yang di dalam dokumen sungai Cibalok area Suryakencana ke dekat Cumpok sebagai area cagar budaya. Bayangkan, sementara sungai sendiri di occupancy oleh masyarakat tanpa izin dan melanggar aturan dan kedepan akan kami bereskan. Di dalam dokumen yang saya baca area cagar budaya itu,” ungkap Dedie kepada wartawan.

Untuk itu, Dedie mengatakan, harus dinormalisasi, pihaknya tidak mau Jalan Suryakencana terus menerus tergenang air.

“Tidak mau Surken jadi sungai dadakan karena mampet dan harus dibereskan,” tambahnya.

Dedie menuturkan, hari ini ada dua truk dengan 400 karung atau sekitar 20 kubik. Kedepan dirinya minta lurah dan camat memberikan perhatian khusus agar wilayah semakin hari semakin baik juga tidak terjadi hal serupa.

“Saya sudah sampaikan kepada lurah untuk memberikan surat peringatan satu dan jelas ini cagar budaya ada UU yang melindungi dan tidak bisa main-main. Tentu pemerintah harus melakukan penataan secara konsisten agar lebih lanjut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perumahan dan Pemukiman pada Disperumkim Kota Bogor, Muhamad Hutri mengatakan, pihaknya akan berkolaborasi dalam penataan lingkungan khususnya di wilayah permukiman kelurahan Gudang.

“Tahun 2021 ini Kelurahan Gudang kami usulkan dalam Program BPM KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Kementerian PUPR. Program berbasis masyakarat tersebut diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam bentuk padat karya sehingga diharapkan akan meningkatkan keberlanjutan dan kemanfaatan prasarana yang akan dibangun,” tandasnya.

Selain kali Cibalok, penataan kawasan Surken akan dilanjutkan tahun ini dengan penyelesaian meliputi Jalan Rangga Gading dan Pedati serta Pasar Cumpok. Pihak Pemkot Bogor juga ingin bukan saja kawasan Surken, tapi penataan bisa ke kawasan Empang dan Bondongan di Kecamatan Bogor Selatan. Di Kecamatan Bogor Selatan sudah dilakukan penataan kawasan Batutulis atau sekitar Makan Mbah Dalem.

Terpisah, Camat Bogor Tengah, Abdul Wahid mengungkapkan, bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan wakil wali kota untuk menata kawasan sekitar pasar Cumpok.

“Terlebih ini dekat dengan kantor kelurahan,” kata Abdul Wahid. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *