Pemkab Bogor Ajak ASN, Berikan Keterbukaan Informasi

CIBINONG-
Pemerintah Kabupaten Bogor dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, ajak Aparatur Sipil Negara (ASN) se-Kabupaten Bogor untuk meningkatkan pelayanan dan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Bogor. Melalui Rapat Koordinasi PPID dan PPID Pembantu di lingkup Kabupaten Bogor tahun 2017, di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor.

Sekretaris Diskominfo Kabupaten Bogor, Kardenal menuturkan, perkembangan teknologi saat ini, diperlukan pengembangan wawasan dan kemampuan terutama dalam menghadapi segala dinamika keterbukaan informasi. Terutama dalam pelayanan informasi kepada seluruh masyarakat, baik ditingkat PPID utama maupun PPID Pembantu di lingkup Pemkab Bogor.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat melahirkan petugas yang handal dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat, dengan cepat, tepat dan sederhana,” kata Kardenal.

Katanya menambahkan, pihaknya meminta agar seluruh PPID dan PPID Pembantu di lingkup Pemkab Bogor untuk aktif dalam memberikan informasi publik, sesuai dengan Undang-undang 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

“Ini perlu dilakukan untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang bersih dan transparan. Guna mengantisipasi terjadinya krisis informasi dan penyimpangan yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, Evy Trisulo Dianasari mengatakan, keterbukaan informasi publik perlu dilakukan dengan dengan profesional, melalui manajemen dan pengelolaan informasi publik. Karena informasi publik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi.

“Sebagai pelayan informasi dalam hal ini PPID dan PPID Pembantu ini harus cepat tanggal dalam memberikan informasi terhadap masyarakat. Intens memberikan informasi positif, jelas dan tidak menyesatkan, guna memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Keterbukaan informasi publik dapat berjalan dengan optimal, dipengaruhi oleh sikap, komitmen, koordinasi, kombinasi dan kolaborasi,” imbuh Evy. (Diskominfo/rul)

Comments